• HOME
  • POLITIK
  • Wakil Ketua DPRD Lampung Beri 4 Catatan Untuk LKPj 2020

Wakil Ketua DPRD Lampung Beri 4 Catatan Untuk LKPj 2020


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 15 Juni 2021 - 11:49

Raden Ismail/ Vera

Setelah OPD selesai memaparkan LKPj tahun anggaran 2020, Wakil Ketua III DPRD Raden Muhammad Ismail memberikan empat catatan untuk Pemprov Lampung.

"Saya kalau secara tertulis belum menerima laporan pansus tetapi ada beberapa isu atau catatan  yang saya sampaikan saat badan musyawarah  (Bamus) digelar tadi dengan tujuan agar diperhatikan," kata dia usai Bamus di Ruang Komisi, Senin (14/6).

Catatan tersebut yakni: Pertama; tingkatkan kembali kinerja serta tanggungjawab dinas energi dan sumber daya mineral (ESDM) dalam melaksanakan tugas.

"Misalnya pada ESDM kan ada undang-undang minerba otomatis tupoksinya dinas ESDM akan berkurang. Jadi perlu diperhatikan dan didorong supaya  lebih berinovasi dan  diingatkan kalau bekerja  harus sesuai dengan undang-undang" kata dia.

Kedua; BKAD pemprov segera lanjutkan pembangunan gedung perpustakaan yang  sudah terbengkalai  bertahun-tahun sebab miris melihatnya.

"Gedung perpustakaan yang terbengkalai itu segera digunakan paling tidak dibersihkan, disapu  karena sayang uang yang sudah dikeluarkan dan miris melihatnya jika terbengkalai," katanya.

Ketiga; Pengelolaan aset pemprov harus dibenahi, dirawat agar tidak terjadi kerugian daerah atau hilangnya aset pemprov. 

"Termasuk aset yang ada di kota baru juga saya sampaikan karenakan aset itu diperlukan jadi segera diperbaiki dan dilanjutkan," tegas Raden.

Keempat; Kepala daerah tidak boleh memberikan  jabatan ganda kepada kepala OPD karenakan takutnya mengganggu kinerja dan tanggungjawab yang mengemban tugas tersebut (jika diberikan jabatan lebih dari satu).

"Mungkin beban seorang kepala dinas terlalu berat jika harus menjabat dua jabatan (lebih dari satu jabatan yang dijalankan) jadi harus dipertimbangkan kembali. Karenakan masih banyak sumber daya manusia (SDM) yang lainya dan isu-isu dari mediapun disampaikan," tutup dia.


EDITOR :